Sabtu, 10 November 2012

Tips Memilih Anak Anjing Yang Sehat

Setiap orang yang akan membeli anjing tentunya sudah mengetahui jenis anjing apa yang akan dibeli sesuai kesukaan dan kebutuhan akan anjing yang akan dipelihara. Berikut ini adalah tips bagi anda dalam memilih anak anjing yang sehat. :

Usia anak anjing. Umur anak anjing yang ideal untuk dipilih adalah usia anakan minimal sekitar 8 minggu. Pada usia ini  pertumbuhan fisik dan perkembangan  prilaku anak anjing telah siap untuk bersosialisasi dan telah siap untuk dilatih. Prilaku anak anjing yang bersahabat, suka mencari perhatian dan senang bermain adalah tipe yang paling cocok untuk dipilih sebagai anjing piaraan rumah dan bagi anak-anak. Tipe yang terlalu agresif membutuhkan pemilik yang tegas, sedangkan yang penakut sangat membutuhkan kesabaran dalam melatih dan memerlukan waktu yang lama untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Anda dapat menentukan banyak dari prilaku mereka pada umur delapan minggu. Pilih anak anjing yang senang bermain, ingin sekali mendapat perhatian dan bereaksi positif terhadap kasih sayang.

Fisik. Secara keseluruhan anak anjing harus terlihat sehat, mempunyai mata yang jernih, hidung tidak berlendir dan tidak terlihat kelainan fisik (misalnya berbulu tebal untuk anakan goldy). Setelah itu periksalah secara seksama anak anjing yang anda akan pilih,.

Pemeriksaan kepala
Periksa kondisi anak anjing. Hidung anjing biasanya dingin dan lembab. Gusi seharusnya bewarna dadu terang, warna yang pucat dapat berarti anemia atau punya masalah cacingan. Giginya bersih dan teratur? Jika gigi atas dan bawah undershot atau overshot, masalah ini tidak dapat diperbaiki dengan sendirinya. Mata harus terang dan jernih dan melihat langsung. Titik-titik putih atau garis yang terlihat pada permukaan mata juga berarti bermasalah. Periksa adanya merah atau bengkak kelopak mata ketiga atau kelopak mata yang roll masuk atau keluar. Lubang telinga harus bersih dan bebas bau. Kotoran telinga yang bertumpuk, mengerakan kepalanya atau lunak dapat menunjukan kutu telinga atau infeksi.

Badan
Periksalah badan anak anjing dengan membelai keseluruh badannya. Rasakan adakah tonjolan ataupun bengkak yang dapat menunjukan adanya kutu ataupun parasit. Periksa perut anak anjing apakah ada pembengkakan untuk mengetahui adanya kemungkinan cacingan ataupun gangguan pencernaaan. Detak jantung harus kuat dan teratur. Alat kelamin harus bersih.dan pada anak anjing jantan buah zakar harus jelas terlihat. Periksa pula adakah tonjolan pada pusat atau selangkangan untuk mengetahui apakah anak anjing mengalami hernia. Bulunya harus lembut, bersih dan tidak kusut. Bengkak, gatal-gatal atau kotoran di bulunya dapat menandakan kutu atau parasit.

Postur tubuh
Periksa bentuk kaki dan jari anak anjing apakah ada kelainan pada bentuknya. Lihat cara anjing berlari atau melangkah apakah pincang atau tidak. Hati-hati pada anjing yang kurus atau terlalu gemuk. Yang paling diinginkan adalah anjing yang terlihat proposinya benar menurut umur dan berat.

Informasi dari Penjual
Setelah mendapatkan anak anjing yang anda pilih tanyakan kepada pemiliknya tentang riwayat vaksinasi, makanan apa yang dianjurkan, dan surat-surat silsilah untuk anjing ras. Kapan terakhir diberikan obat cacing dan riwayat kesehatan anak anjing tersebut.


Disarikan dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar