Selasa, 04 Desember 2012

Tips Merawat Anak Anjing yang Baru Lahir

Anak anjing yang baru lahir memerlukan perhatian khusus dan tidak sembarangan merawatnya. Anda harus tahu bagaimana cara merawat anak anjing yang benar. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat anak anjing Anda.

1. Kehangatan
Anak anjing yang baru lahir akan tidur selama 16 sampai 18 jam dalam sehari. Semua itu dilakukannya dalam beberapa minggu pertama. Jadi, pastikan Anda sudah memberi kandang yang nyaman bagi si bayi.
Bila perlu berikan lampu agar suhunya hangat, karena anak anjing yang baru lahir sangat rentan terhadap suhu yang dingin.

2. Makanan
Anakan yang baru lahir akan langsung menyusu induknya hingga usia sekitar 3 minggu. Anda tidak perlu memberi makanan tambahan jika persediaan air susu sang induk mencukupi.
Usia selanjutnya, anak anjing mulai dapat mengonsumsi makanan lunak. Anda dapat memberikan bubur bayi di campur susu selama 1-2 minggu. Setelah itu anda dapat mencampurkan dengan dogfood yang telah dilunakkan. Pemberian makanan sebaiknya sebanyak 4 kali sehari dan jangan biarkan anakan makan hingga perut mereka buncit.
Saat anak anjing menginjak usia sekitar 7 minggu, ia sebaiknya sudah tidak lagi menyusu dari induknya, dan sudah bisa makan makanan padat dan minum air, sama seperti induknya.

3. Kebersihan
Anda tidak perlu khawatir untuk masalah kebersihan karena biasanya induk akan selalu membersihkan. Hanya saja anda jangan kaget jika anda melihat sang induk sedang menjilati kotoran anak-anaknya. Induk akan memakan kotoran anak-anaknya sampai mereka mendapat makanan tambahan, tetapi ada juga anjing induk yang keterusan mengkonsumsi kotoran anaknya sampai usia 2-3 bulan.

4. Kesehatan 
Pada umur 3 minggu, sebaiknya anakan sudah diberi obat cacing. Vaksinasi dapat diberikan setelah mereka berumur 5-6 minggu. Penatoan dapat dilakukan pada umur 6 minggu.


(Disarikan dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar