Jumat, 08 April 2011

Tips Mengawinkan Anjing


Berikut ini tips Oke untuk memacakan anjing anda :

1.Masa subur anjing betina biasanya antara hari ke 7 s/d 16 sejak pertama kali mengeluarkan darah menstruasi.

2. Bila darah menstruasi tidak keluar (loops kering), dapat dilihat dari awal membengkaknya vagina anjing betina, dan masa subur ditandai dengan terdorongnya vagina kearah luar bila vagina disentuh , posisi betina memasang untuk dikawin.

3. Saat proses pemacakan, anjing betina harus diikat pada suatu tiang yang kuat dan oleh tangan seorang asisten agar anjing betina tidak dapat berbalik untuk menyerang anjing pejantan, pemacak.

4.Setelah anjing betina dikuasai , tangan kiri pemacak mengontrol vagina dari arah perut anjing betina untuk diarahkan ke penis pejantan, kemudian dengan itu tangan kanan pemacak menuntun ujung penis pejantan untuk diarahkan ke dalam vagina.

5.Pada saat ujung penis pejantan masuk ke vagina maka pejantan akan melakukan gerakan mendorong agar penis masuk ke dalam vagina, dan saat penis pejantan masuk ke vagina anjing betina, pemacak harus secepatnya memindahkan posisi tangan kanan ke bokong pejantan untuk membantu mendorong agar penis masuk ke vagina sedalam mungkin sampai anjing pejantan berhenti melakukan gerakan kopulasi (hati hati, ada beberapa pejantan bila bokongnya dibatu didorong akan berhenti melakukan kopulasi)

6. Kemudian tangan kiri pemacak menelusuri penis pejantan untuk mengetahui apakah pembengkakan pada pangkal penis terjadi didalam atau diluar vagina ( nyantel), dan tangan kanan tetap mendorong bokong pejantan agar penis tidak meregang dari vagina.

7. Jika pembengkakan terjadi diluar vagina maka posisi betina dan pejantan harus tetap dipertahankan, agar penis tidak terlepas dari vagina sampai proses ejakulasi selesai( ditandai dengan berhentinya denyutan yang terlihat atau teraba diantara pangkal ekor dengan anus jika dipegang terasa seperti belut yang menggeliat-geliat).

8. Cara mempertahankannya, tangan kiri pemacak memeluk pinggang anjing betina dari arah bawah perut agar bagian belakang anjing betina tidak dapat bergerak, dan tangan kanan tetap dibokong anjing pejantan sambil menahan dan mendorong agar penis tetap pada posisi masuk kedalam vagina.

9. Bila pembengkakan pangkal penis terjadi didalam vagina berarti penis sudah terkunci didalam vagina, dan kedua tangan pemacak boleh dibebaskan sambil menunggu penis pejantan terlepas dari vagina anjing betina. Hati hati setelah terlepas harus segera di pegang agar tidak berkelahi, dan bokong betina agak diangkat agar sperma tidak tumpah.

10. Sebaiknya pemacakan ini diulangi lagi lusa harinya untuk memperbesar terjadinya pembuahan sel telur anjing betina oleh sperma anjing pejantan dan anda dapat memiliki puppies yang lucu - lucu.


(Source : anjingoke.com), Photo : Flickr.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar